Contact Us

Punakawan.net merupakan website untuk menceritakan kisah-kisah islami baik dari Kisah-kisah Al Quran, Kisah Nabi-nabi, Kisah Rasulullah dan Kisah Islam di Nusantara. Kisah-kisah ini bukan untuk menidurkan anak-anak kecil tapi justru untuk membangunkan umat Islam agar dapat maju dengan belajar dari kisah-kisah masa lalu.

Kisah-kisah merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan Islam. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Sa’id ibn Jubair, dari Ibn ‘Abbas, beliau menyatakan, “Al Quran ini, 6000 ayatnya adalah kisah, 600 ayatnya berupa tanda kebesaran Allah, 60 ayatnya adalah aturan mu’amalah, dan 6 ayatnya berisi hukum-hukum hudud”. Ketika kita melihat porsi kisah dalam Al Quran yang sangat besar, maka kami yakin bahwa pengajaran Islam dengan menggunakan kisah-kisah harus dibangun dan diberikan kepada umat Islam.

Nama website ini diambil dari Punakawan yang merupakan da’wab Islam di Nusantara melalui budaya. Punakawan terdiri dari Semar yang diambil dari bahasa Arab yaitu “Simarun” yang berarti paku, memiliki makna bahwa Islam harus menancap dengan kokoh bagaikan paku. Petruk berasal dari bahasa Arab yaitu “Fatruk” yang berarti “tinggalkanlah”, sehingga memiliki makna segala sesembahan selain Allah. Gareng berarsal dari bahasa Arab “Qariin” yang bermakna agar memperbanyak saudara. Bagong berasal dari kata “Bughat” yang bermakna penentangan atas segala bentuk kezhaliman (Rahmat Abdullah dalam buku Sultan Fattah tahun 2016)

Semoga website ini bisa menjadi rujukan kisah-kisah Islam yang inspiratif dengan referensi yang kuat. Semoga website ini bisa menjadi kontribusi Islam dari Nusantara untuk dunia.

Silakan untuk bersilaturahmi dengan mengirimkan email ke admin@punakawan.net

Salam

Agung AtTambuniy