Adakah Kaitan antara Ulujami dan Ulu Cami di Bursa, Turki?

Masjid Ulu Jami

Seringkali  kita menjumpai adanya kesamaan nama suatu wilayah atau nama sebuah bangunan. Kesamaaan nama tersebut biasanya bukanlah faktor kebetulan. Melainkan ada benang merah yang saling terhubung. Biasanya ada faktor historisnya. Seperti misalkan mengkorelasikan antara nama Ulujami di Pesanggrahan, Jakarta Selatan dan Ulu Cami di Bursa, Turki.

Ulujami dan Ulu Cami meskipun penulisannya berbeda, tetapi cara bacanya sama. Ulu Cami merupakan salah satu nama Masjid di daerah Bursa, Turki. Ulu Cami dalam Bahasa Turki berarti Masjid yang tinggi atau Masjid Agung.

Masjid Ulu Jami
Masjid Ulu Camii Bursa Turki

Ulu Camii Mosque Bursa Turkey

Masjid Ulu Cami merupakan Masjid Agung di kota Bursa, Turki. Bursa sendiri pernah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, agama dan fiqih pada zaman Sultan Muhammaad I. Sultan membangun Masjid Ulu Cami sebagai pusat kegiatan dan ilmu pengetahuan.

Masjid ulu Cami dibangun atas perintah sultan Beyazid I antara tahun 1396 hingga 1399. Dan pada saat itu di nusantara masih berdiri kokoh kerajaan Majapahit.

Sultan Muhammad I merupakan seorang sultan yang mencintai ilmu pengetahuan, sastra, syair, adab dan juga seni. Ia mendapat gelar seorang Jalabi, yang berarti dan mengandung makna terhormat karena ilmu dan sifat ksatria. Sultan Muhammad I menjadikan kota Bursa sebagai kota ilmu pengetahuan, kota para Fukoha dan para ilmuwan yang berkumpul. Sedangkan Ulu Cami sebagai pusat aktivitas dan pengembangan ilmu pengetahuan. Kota ini menjadi pusat pertukaran Ide, Budaya, Bahasa dan bermacam-macam peradaban. Selain itu juga sebagai pusat perdagangan, tempat ziarah, pengelana dan penguasa.

Pembangunan masjid Ulu Cami dibangun dan selesai sempurna pada tahun 1399. Pada tahun yang sama di nusantra berdiri kerajaan Majapahit. Sepuluh tahun sebelum pembangunan masjid selesai, Hayam Wuruk meninggal pada tahun 1389. Setelah meninggal, Hayam Wuruk digantikan oleh Wikramawardhana yang mangkat pada tahun 1429.

Dalam sejarah, proses meminjam dan mempengaruhi merupakan hal yang biasa. Kesamaan nama bisa jadi ada hubungan yang terbentang. layaknya antara nusantara ( Indonesia ) dan Turki sejak dahulu. Ulu Cami sebagai pusat dakwah Khilafah Utsmani yang kelak mengirimkan kafilah-kafilah dakwahnya ke berbagai penjuru dunia dan salah satu kafilah dakwah itu sampai di Nusantara. mereka yang kelak kita kenal dengan sebutan Wali Songo.

Referensi :

Herry Nurdi. 2018. Nusantara Berkisah. Bogor : Roda Publika Kreasi.

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:ULU_CAM%C4%B0%C4%B0_MOSQUE_BURSA_TURKEY_-_panoramio_(20).jpg

About Dhiyaa Uddin

Hamba Allah yang gemar menulis

View all posts by Dhiyaa Uddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *