Allah Menjawab Bersin Nabi Adam

muslim bersin

Pastinya di antara kita ada yang pernah bersin atau juga melihat orang bersin. Namun, apakah kita sudah pernah mengucap “Alhamdulillah” ketika bersin dan “Yarhamukallah” untuk menjawab orang yang bersin?

Dialog “Alhamdulillah-Yarhamukallah” ketika bersin sudah sangat tua bahkan setua umur peradaban manusia itu sendiri. Dialog “Alhamdulillah-Yarhamukallah” ini dimuat dalam Tafsir Ibnu Katsir untuk Surat Al Israa ayat 11.

Al isra ayat 11

“Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa” (Al Israa: 11)

Ibnu Katsir menceritakan kisah dari Salman Al Farisi dan Ibnu Abbas untuk menjelaskan bagian “..dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa”. Kisah tersebut adalah tentang kisah Nabi Adam AS ketika ia berniat akan bangkit berdiri sebelum roh yang ditiupkan ke dalam tubuhnya sampai ke seluruh tubuhnya. Ketika roh baru sampai ke otaknya, Nabi Adam bersin dan mengucapkan “Alhamdulillah” (segala puji bagi Allah), lalu dijawab Allah dengan firman-Nya, “Hai Adam, Tuhanmu merahmati kamu.” (Yarhamukallah).

Bersin adalah aktivitas pertama yang dilakukan dalam sejarah manusia dan dialog Alhamdulillah-Yarhamukallah adalah dialog pertama antara seorang manusia dengan Allah. Dialog tersebut menggambarkan kepada kita bahwa mengucap Alhamdulillah setelah bersin dan membalas ucapan Alhamdulillah dengan Yarhakumullah adalah perbuatan yang mulia karena dilakukan oleh seorang Nabi dan Allah pencipta kita semua.

Telah menceritakan kepada kami [Adam bin Iyas] telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abu Dzi`b] telah menceritakan kepada kami [Sa’id Al Maqburi] dari [Ayahnya] dari [Abu Hurairah] radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya Allah menyukai bersin, dan membenci menguap, apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia memuji Allah, dan kewajiban seorang muslim yang mendengarnya untuk mendo’akan, sedangkan menguap datangnya dari syetan, hendaknya ia menahan semampunya, jika ia sampai mengucapkan haaah, maka syetan akan tertawa karenanya.” (HR bukhari nomor 5755)

Jelas bagi kita bahwa ucapan Alhamdulillah setelah bersin dan menjawab bersin dengan doa adalah sebuah perbuatan yang dicintai oleh Allah dan Rasulullah ﷺ. Oleh karenanya, kita seharusnya yang mengaku mencintai Allah dan Rasul-Nya mengucap Alhamdulillah setelah bersin dan Yarhamukallah untuk menjawab ucapan Alhamdulillah dari orang yang bersin.

muslim bersin

Ilustrasi muslimah bersin

sumber: https://www.ruangmuslimah.co/26810-meraih-pahala-dari-setiap-bersin

About Agung AtTambuniy

Ayah 2 anak. Hamba Allah yang ingin beramal jariyah. -Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu-

View all posts by Agung AtTambuniy →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *